.

.

Syarat Kredit Rumah KPR Baru Seken Biar disetujui BANK Terbukti !!!

Syarat Kredit Rumah KPR  Baru Seken Biar disetujui BANK Terbukti !!!
Kali ini RumahCikarang.net akan berbicara tentang KPR Bersubsidi! apa sih KPR itu ? KPR adalah Kredit Perumahan Rakyat, jika ada kata Bersubsidi berarti dengan kata lain sebagian pembiayaan ada yang disubsidi oleh pemerinatah dalam hal ini di laksanakan oleh Kemenpera! otomatis harga rumah jadi lebih murah dong….! Sudah mengerti semua…..! :D

Beberapa bulan yang lalu RumahCikarang.net mengunjungi Pameran Perumahan yang biasa diadakan di mall – mall di sekitar kota Tangerang. Di pameran yang biasa disebut pameran rumah program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) tersebut memang menyajikan harga-harga rumah yang relatif lebih murah dari pameran perumahan yang bukan bersubsidi (baca: Komersil), bayangkan saja rata-rata harga nya sekitar 90-100 juta ! :D Namun ada tapi nya lho…..! Type rumah yang di tawarkan hanya sekitar  type 22/60 , 27/60 , 36, 60 dan paling besar 36,72 itupun harganya sudah mencapai sekitar 110 jutaan dan satu lagi pemirsah ….! Lokasinya kebanyakan didaerah terpencil hihihihi….! :mrgreen: :roll: 

Kebetulan RumahCikarang.net ingin punya rumah padahal tidak punya budget yang banyak untuk membeli rumah, dalam hati RumahCikarang.net berpikir sudah 2 tahun mengontrak di Tangerang dengan biaya membayar kontrakan Rp 600,000 perbulan tidak ada salahnya kredit rumah yang biaya perbulannya sekitar Rp 700 ribuan dan bisa menjadi hak milik nantinya ! :D

contoh_rumah

Setelah berputar-putar mengelilingi stan perumahan yang ikut pameran, akhirnya RumahCikarang.net menemukan perumahan yang belum sold out (terjual habis) yang berlokasi tidak jauh dari tempat kerja yaitu di daerah Curug Tangerang. Beberapa alasan kenapa RumahCikarang.net memilih rumah di situ karena lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja, harganya murah Rp 90 juta dengan diskon DP 5 juta (type 27/60). Wah sudah terbayang bentuk rumahnya pasti mungil tapi tidak apa daripada ngontrak terus ….! hehe… :mrgreen:

Lalu syarat dan ketentuannya seperti apa ? Monggo cekidot :

- Bayar Booking Fee ditempat Rp 1.000.000 karena diskon DP 5 Juta hanya pada saat pameran!

- Total biaya-biaya yang wajib dibayar yaitu RP 27,000,000 (dicicil 8 bulan)

- Berkas-berkas yang harus di siapkan untuk pengajuan kredit ke Bank yaitu pas photo suami istri , fc KK, fc NPWP, fc SPT atau laporan pajak, Slip Gaji, surat keterangan Karyawan, Surat Keterangan Belum Punya Rumah dari kelurahan, fc buku tabungan, Surat Keberatan Perusahaan memberikan NPWP, fc print out buku tabungan pribadi 3 bulan terakhir dan lain-lain biasanya marketing akan memberitahu jikaa da yang kurang

- Gaji Pokok harus diatas 2 juta dan kurang dari 3,5 juta (katanya buat rakyat kecil tapi kok Gaji Pokok nya harus gede yaaaa…! :roll: )

Setelah semua berkas terkumpul RumahCikarang.net serahkan ke marketing / sales dan setiap bulannya harus membayar cicilan DP , katanya jika sudah ada jadwal akad kredit semua DP harus sudah lunas, makanya jangan sampai sudah waktunya tapi masih banyak tunggakan DP ampyuunn deh…! :roll:

Sekitar 2 bulan mengangsur cicilan DP ternyata ada panggilan interview dari pihak Bank yang waktunya sudah ditentukan, lalu berangkatlah RumahCikarang.net ke kantor Bank yang ditunjuk pada hari itu, syaratnya harus bawa KTP Asli dan NPWP jangan sampai ketinggalan ya karena interview nya ngantri….! :D Jangan tegang pewawancaranya baik-baik kok dan jangan lupa siapin no. HP saudara tidak serumah dan no. HP yang punya kontrakan (jika ngontrak) karena nanti ditanyain :D.

Ceritanya bersambung dulu ya! karena prosesnya belum selesai RumahCikarang.net masih mencicil uang DP sampai 8 bulan kedepan!

Jangan gengsi dengan rumah yang mungil dan bersubsidi daripada ngontrak terus heheheehe….! Nanti kalo rumah mungilnya sudah lunas kan bisa dijual beli yang lebih besar! Aminnn….! :D


Penjelasan Syarat Kredit Murah 

Mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak juga pemohon yang akhirnya ditolak karena kurangnya pemahaman akan syarat dan proses KPR.

Untuk memperkecil penolakan tersebut, maka sebelum membayar booking fee, pastikan terlebih dahulu persyaratan berikut ini :

1. Usia
Usia ini akan menentukan maksimum jangka waktu KPR yang bisa diajukan. Untuk pemohon yang usianya 40 tahun kebawah akan mendapatkan jangka waktu kredit sampai dengan 15 tahun. Tetapi bagi mereka yang sudah berusia diatas 40 tahun, misalnya 43 tahun maka tidak akan mendapatkan masa kredit sampai 15 tahun tetapi maksimum 55 - 43 = 12 tahun. Karena bank menilai masa produktif seseorang hanya sampai usia 55 tahun, kecuali untuk tenaga pengajar/dosen yang bisa mencapai usia 60 tahun bahkan 65 tahun untuk Guru besar.

2. Pekerjaan
Informasi pekerjaan ini sangat penting seperti masa kerja, pekerjaannya permanen atau untuk waktu tertentu saja. Masa kerja yang sudah diperbolehkan untuk dapat mengajukan KPR adalah minimal 2 tahun bekerja di perusahaan tersebut, karena dengan masa 2 tahun itu yang pasti sudah lewat masa percobaan. Seseorang dengan gaji dan tunjangan yang sangat besar juga belum tentu dapat diterima KPRnya jika pekerjaannya bersifat sementara, kontrak hanya satu - dua tahun saja, maka bank sebagai pemberi pinjaman tidak akan mencairkan pinjamannya karena, sesudah kontrak habis tidak ada jaminan bahwa pemohon masih mempunyai kemampuan mengangsur.

3. Status Perkawinan
Memang status perkawinan ini tidak menjadi penyebab permohonan kreditnya ditolak, tetapi biasanya akan menjadi masalah ruwet apabila perkawinannya pisah ranjang atau dalam proses perceraian, sehingga pada saat akad kredit tidak dapat menghadirkan pasangannya.

4. Gaji
Gaji sangat penting karena berhubungan dengan kemampuan bayar angsuran pemohon. Rata-rata bank menilai maksimum besarnya angsuran adalah sepertiga dari gaji, tetapi ada beberapa bank yang dapat menerima sampai maksimum 40% gaji. Gaji yang dihitung biasanya adalah gaji bersih (take home pay) yang sifatnya rutin, apabila ada tunjangan-tunjangan lain yang sifatnya temporer seperti tunjangan hari raya, lembur, bonus, komisi penjualan, dll hanya akan diperhitungkan 50% dari rata rata penghasilan tidak tetap ini.

5. Rekening koran
Rekening koran atau buku tabungan diperlukan oleh bank untuk mengecek kebenaran dari slip gaji. Berapa jumlah uang yang disebut dalam slip gaji harus sesuai dengan dengan yang masuk ke rekening tabungannya. Termasuk juga dalam pengecekan tanggal-tanggal transaksinya. Meskipun saldonya tinggal 50 ribu di rekening tersebut, tetapi jika datanya transaksinya cocok dengan slip gaji maka akan dianggap datanya bagus oleh bank. Sebaliknya saldonya 1 milyar tetapi transaksi di rekening koran tidak mencerminkan yang disebut dalam slip gaji, maka bank akan menolak.

6. Informasi pinjaman lain
Untuk ini anda harus benar-benar jujur dan terbuka, jika anda memiliki pinjaman uang misalnya kartu kredit, cicilan mobil/motor, dan KPR di bank lain.

Kredit Rumah  KPR Biar Disetujui Leasing 

"Kok aplikasi KPR saya ditolak BTN Pak?" pertanyaan ini sudah sangat familiar bagi kami Marketing Rumah ketika pengajuan aplikasi (Kredit Pemilikan Rumah) KPR konsumen ditolak Bank yang tentunya berhubungan dengan syarat kredit rumah. 


"huh! capek2 ngabisin waktu, uang dan tenaga aja siy..." hehehe... sabar Bu sabar... kami juga merasa demikian, yang seharusnya kami kerja dapat uang (dari komisi) kalau terjadi penolakan Bank ya sia-sia deh... yang salah siapa ya? Mencari kesalahan sangatlah mudah, bisa saja si marketing tidak / lupa memberitahu semua persyaratan kredit atau si konsumen pura-pura tidak tahu (disembunyikan) karena punya harapan yang tinggi untuk mendapatkan kredit rumah, padahal ada salah satu syarat kredit rumah yang tidak terpenuhi.

Salah satu syarat kredit rumah yang pertama dan utama mendapatkan KPR dari Bank adalah pemeriksaan BI (Bank Indonesia) Checking  yaitu mengacu kepada IDI Historis, yang mana  merupakan produk/output yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Debitur (SID). IDI Historis mencakup informasi seluruh penyediaan dana/pembiayaan dengan kondisi lancar dan bermasalah mulai dari Rp.1 ke atas, serta menampilkan informasi mengenai historis pembayaran yang dilakukan dalam kurun waktu 24 bulan terakhir.


Cakupan IDI Historis meliputi antara lain identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.

Sistem Informasi Debitur
Merupakan suatu sistem yang dipergunakan untuk menghimpun dan menyimpan data fasilitas penyediaan dana/pembiayaan  yang disampaikan oleh seluruh anggota Biro Informasi Kredit secara rutin setiap bulan kepada Bank Indonesia. Data tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan output berupa IDI Historis. Lembaga keuangan anggota Biro Informasi Kredit selanjutnya dapat mengakses SID selama 24 jam setiap hari untuk melihat data-data debitur yang disajikan secara individual dengan lengkap. (sumber: Bank Indonesia).

Pemeriksaan BI (BI checking) merupakan syarat kredit rumah  mutlak yang harus dipenuhi oleh para konsumen yang ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank, mungkin bagi yang sudah terlanjur mempunyai pinjaman Bank lain sebelum KPR ada baiknya menggunakan nama anak, adik atau saudaranya yang masih clear di IDI Historis.

Untuk lebih jelasnya inilah ketentuannya:
  • Warga Negara Indonesia, usia minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Pada saat kredit lunas usia pemohon tidak lebih dari 55 tahun
  • Memiliki penghasilan yang dapat menjamin kelangsungan pembayaran kewajiban
  • Mempunyai pekerjaan tetap (sebagai karyawan atau pekerjaan lainnya yang memperoleh gaji tetap) atau menjalankan usahanya sendiri (wiraswasta) dengan masa kerja minimal 1 (satu) tahun
  • Tidak memiliki kredit bermasalah baik di Bank maupun di Bank lain
  • NPWP sesuai ketentuan yang berlaku

 dan inilah syarat kredit rumah nya:
  1. Photo copy KTP pemohon suami / istri , KK , Surat nikah , Pas photo 3X4 2 lbr pemohon NB.Untuk yg masih single photo copy KTP dan KK ikut orang tua
  2. Slip gaji / surat keterangan penghasilan ( ASLI )
  3. Rekening Tabungan / Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
  4. SIUP & NPWP

Persyaratan KPR di atas kelihatannya banyak dan ribet ya Bu... tapi tenang Bu.. biasanya Marketing Rumah siap membantu dan melayani Ibu yang ingin mengambil kredit rumah... eh ini juga berlaku buat Bapak Bapak ya

Semoga Informasi tips mengenai syarat kredit rumah Syarat Kredit Rumah KPR  Baru Seken Biar disetujui BANK Terbukti !!!ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:





Powered by Rumah Cikarang | Report abuse